Minggu, 29 Desember 2013

Penyebab Rambut Rontok

Rambut Anda Rontok? Mungkin Ini Penyebabnya
Beberapa masalah rambut menjadi hal yang sangat umum.

Rambut rontok  
Rambut rontok  

Duniasolusi - Semua perempuan, ingin memiliki rambut panjang yang tebal, halus dan bercahaya. Banyak produk perawatan rambut yang menjanjikan hal-hal tersebut. Namun, nyatanya produk-produk tersebut yang banyak memberikan dampak negatif, terhadap kesehatan rambut Anda. 

"Kami melihat terjadi peningkatan sekitar 10 hingga 12 persen pasien yang datang dengan masalah rambut setiap tahunnya. Demikian pula, permintaan untuk transplantasi rambut juga meningkat selama lima tahun terakhir," ucap Dr D.M. Mahajan, seorang dokter kulit di Apollo Hospital, Delhi seperti dikutip dari TimesofIndia.

Memang terdapat berbagai jenis masalah rambut seperti rambut rontok, rambut menipis, kebotakan, ketombe dan sebagainya. Berdasarkan usia dan jenis kelamin, beberapa masalah rambut menjadi hal yang sangat umum. 

"Salah satu masalah rambut terbesar yang dihadapi oleh banyak wanita dan pria yang berusia muda, adalah rambut rontok dan ketombe. Penyebab utama masalah ini antara lain iklim, air, sampo dan makanan," ucap Dr Mohan Thomas, seorang Ahli Bedah Kosmetik di Breach Candy Hospital, Mumbai.

Lebih lanjut, ia menambahkan, pria menderita rambut rontok biasanya dimulai pada awal usia 20-an. Penyebabnya bisa dikarenakan gaya hidup yang buruk, diet buruk, polusi dan gen, tetapi stres adalah salah satu penyebab terbesar di balik masalah rambut rontok.

"Rambut adalah organ yang tumbuh paling cepat dalam tubuh manusia, namun kurang memiliki stabilitas. Jadi ketika ada perubahan musim atau masalah yang membuat stres, rambut menjadi rontok. Plus, terdapat faktor-faktor lain, seperti tidak cukup paparan sinar matahari, kekurangan vitamin D, rasa cemas atau di bawah tekanan," kata Dr Mahajan.

Sedangkan wanita seringkali mengalami rambut rontok saat menopause. "Penyebab rambut rontok pada wanita dapat dikarenakan menopause, ketidakseimbangan hormon, kehamilan dan siklus menstruasi," ucap Dr Nitin Walia, seorang konsultan dermatologi di Max Hospital, Delhi.

Untuk mencegah masalah rambut pada wanita dan pria, sangat penting bahwa kesadaran dibuat pada usia dini, sehingga deteksi dini dapat mencegah masalah besar. Selain itu, penggunaan produk perawatan rambut secara acak atau sering berganti-ganti harus dihindari.

Setiap orang harus berpikir dua kali sebelum mencoba produk perawatan rambut. Sekalipun jika itu adalah produk yang dipakai untuk terapi perawatan rambut di salon kecantikan langganan. 

Alih-alih mencoba produk perawatan rambut, lebih baik Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan analisis medis untuk mengobati masalah rambut. (eh)

Tidak ada komentar: