Minggu, 29 Desember 2013

Format Pengumuman CPNS BKN Bisa Dijadikan Contoh

Peserta tes CPNS 2013 di Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: Humas Kemenpan-RB/dok.JPNN
Peserta tes CPNS 2013 di Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: Humas Kemenpan-RB/dok.JPNN




JAKARTA - Para peserta tes CPNS 2013 banyak yang menyampaikan keluhannya di rubrik komentar pembaca JPNN.com, sebagai media partner yang ikut mengumumkan hasil tes kompetensi dasar seleksi CPNS dari jalur umum.
Intinya, mereka meragukan transparansi sejumlah pemda yang sudah menetapkan dan mengumumkan kelulusan CPNS 2013 ini.
Ini terkait pengumuman yang hanya menyantumkan formasi, nama, dan nomor ujian. Tidak menyantumkan nilai dan ranking. Nah, format pengumuman seperti apa yang dikehendaki peserta?
Pengumuman CPNS di Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang ditampilkan di website resminya, barangkali bisa dijadikan contoh instansi pusat/pemda yang belum mengumumkan kelulusan.
BKN, sebagai lembaga yang mengurusi hal teknis administrasi kepegawaian itu, dalam pengumuman kelulusan CPNS-nya, juga mencantumkan nilai yang dinyatakan lulus. Nilai tertinggi ditempatkan di nomor urut pertama, disusul nilai yang berada di bawahnya. Model seperti ini otomatis bisa diketahui rangkingnya
Bahkan, dicantumkan juga jumlah formasi untuk jabatannya. Misal untuk jabatan analis kebijakan, formasinya dua. Di pengumuman ditampilan enam nama terbaik, lengkap dengan nilainya. Otomatis, peringkat pertama dan kedua saja yang berhak lulus di formasi tersebut.
Model seperti itu relatif transparan. Jika misal peringkat pertama mengundurkan diri, maka peringkat ketiga otomatis yang berhak mengisi formasi itu

Tidak ada komentar: